Buku / Booklet

Tanaman Obat dan Herbal dari Hutan untuk Penyakit Degeneratif Metabolik

Rabu, 20 Feb 2019 | 448

Tanaman Obat dan Herbal dari Hutan untuk Penyakit Degeneratif Metabolik

Perubahan gaya hidup yang dipicu olah adanya perubahan status sosial ekonomi mengakibatkan terjadinya perubahan pola makan yang cenderung tidak seimbang, tinggi lemak jenuh dan gula, rendah serat dan rendah zat gizi mikro, sehingga berdampak negatif terhadap kesehatan dan gizi, seperti masalah kegemukan, gizi lebih dan meningkatnya radikal bebas dalam tubuh. Kondisi ini akhirnya mengakibatkan perubahan pola penyakit dari infeksi penyakit kronis non infeksi atau munculnya penyakit degeneratif metabolik. Sejak dulu nenek moyang Bangsa Indonesia telah turun temurun menekuni pengobatan tradisional dengan memanfaatkan tumbuhan berkhasiat obatdari alam. Hasil penelitian fitokimia yang dilakukan berdasarkan informasi etnofarmakologi merupakan pendekatan yang efektif dalam menemukan senyawa bioaktif dari tumbuhan berkhasiat obat untuk mencegah dan mengobati penyakit degeneratif metabolik, disajikan dalam buku ini. Buku “Tumbuhan Obat dan Herbal dari Hutan untuk Penyakit Degeneratif Metabolik” disusun sebagai salah satu luaran kegiatan riset yang dilakukan oleh tim penelitian Biofarmaka Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat baik praktis maupun akademis, memperluas khasanah pengetahuan dan menginspirasi untuk bertindak lebih baik dalam melestarikan pengetahuan lokal masyarakat yang memiliki nilai sosial, budaya dan ekonomi yang tinggi.


Baca Unduh


Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

2 Komentar

Admin

Terima kasih atas perhatian dan respon Saudara. Pada prinsipnya, BP2LHK Palembang siap membantu kelompok tani yg ingin mengembangkan tanaman kayu putih. Untuk informasi lebih lanjut dipersilahkan menghubungi peneliti kami, Imam Muslimin, S.Hut., M.Sc (081335716282).

Senin, 1 Jun 2020

A.Rifai

Jika ada program Bantuan bibit seperti tanam Pohon Kayu Putih, Nilam dan tanaman obat, kami Kelompok Tani siap bekerjasama ikut Program Pemerintah, kami punya lahan ex kebun karet yg sdh tdk produktif dgn luas lebih dari 60 hektar. Lokasi Kecamatan Talang Ubi, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Sabtu, 2 Mei 2020