Buku / Booklet

Budidaya Rotan Jernang

Senin, 27 Jan 2020 | 1060

Budidaya Rotan Jernang

Rotan jernang (Daemonorops spp.) sudah menjadi salah satu primadona pilihan investasi bagi masyarakat Sumatera. Rotan jernang memiliki manfaat yang sangat luas seperti bahan baku industri obat, industri kosmetik, pewarna dan obat herbal. Tingginya minat masyarakat untuk menanam rotan jernang mulai muncul karena mulai langkanya rotan jernang di hutan alam, tingginya harga resin jernang dan meningkatnya kesadaran tentang manfaat lingkungan.

Akan tetapi, penanaman rotan jernang yang dilakukan oleh masyarakat selama ini belum didukung dengan pengetahuan teknik budidaya yang tepat. Pada umumnya penanaman masih dilakukan dengan skala terbatas, teknik penanaman sederhana dan pemeliharaan yang seadanya sehingga produktivitasnya tidak maksimal. Peningkatan produktivitas tanaman rotan jernang dapat dilakukan dengan penerapan silvikultur intensif, mulai dari penyediaan bibit, penanaman sampai pemeliharaan termasuk pengenalian hama dan penyakit sampai pemanenan.

Buku ini disusun sebagai sebuah jawaban bagi kebutuhan petani rotan jernang di lapangan dalam memahami teknik budidaya rotan jernang mulai dari pembibitan, penanaman, pemeliharaan tanaman hingga pemanenan rotan jernang. Melalui buku ini, diharapkan petani rotan jernang dapat meningkatkan produktivitas rotan jernang.


Baca Unduh


Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar