Berita ~ Berita Litbang

Membaca karakteristik hidrologi lahan gambut menggunakan data logger

Selasa, 27 Apr 2021 | 189

Membaca karakteristik hidrologi lahan gambut menggunakan data logger

Guna memperdalam pengetahuan dan memahami karakteristik hidrologi lahan gambut, peneliti BP2LHK Palembang Tubagus Angga Anugrah Syabana, S.P., M.I.L dan Fatahul Azwar, S.Hut., M.Si melakukan kegiatan penelitian pengamatan karakteristik hidrologi pada beberapa tutupan lahan di lahan gambut di KHG Sungai Burnai – Sungai Sibumbung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama penelitian Badan Litbang dan Inovasi KLHK dengan ACIAR, Project ACIAR FST 2016/144 “Improving Community Fire Management and Peatland Restoration in Indonesia” yang dilaksanakan di Sumatera Selatan.

Karakteristik hidrologi yang diamati adalah fluktuasi tinggi muka air (TMA) dilahan gambut secara periodik dengan menggunakan data logger. “Karakteristik hidrologi merupakan salah satu hal penting pada ekosistem gambut dan pengukuran tinggi muka air tanah (TMA) tanah gambut merupakan bagian upaya pencegahan kerusakan ekosistem gambut berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2016. Pemasangan data logger ini bertujuan untuk memantau karakteristik TMA pada berbagai tipe tutupan lahan dilahan gambut secara periodik. Informasi ini akan kami hubungkan dengan hasil analisis fisika dan kimia tanah gambut, yang analisisnya sekarang sedang berjalan.” ujar Angga. Sementara itu Azwar mengemukakan bahwa kedepannya akan dilakukan pemasangan data logger lagi, “Lokasi yang menjadi titik pantau TMA sekarang ini adalah di Plot Kebun Koleksi Plasma Nutfah Tanaman Kehutanan dan di Kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT). Kedepannya, kami akan memasang data logger lagi di demplot yang rencananya akan kami bangun di Kayu” ucapnya.

Angga menambahkan “Informasi mengenai karakteristik hidrologi dilahan gambut sangat penting, dalam kegiatan ACIAR, karakteristik hidrologi menjadi salah satu indikator kondisi lahan gambut untuk memantau dan mengevaluasi keberhasilan restorasi diseluruh lanskap gambut, dan hal tersebut dapat berguna untuk merencanakan pengelolaan ekosistem gambut yang berkelanjutan dan pencegahan kebakaran dilahan gambut sesuai dengan tujuan Project ini”.

Project ACIAR yang dilaksanakan oleh BP2LHK Palembang sudah berjalan sejak tahun 2018. Pada kurun waktu 2019 – 2020, Tim Objective 3 ACIAR - BP2LHK Palembang telah melakukan kegiatan lapangan pengamatan dan pengambilan sampel tanah dan air gambut pada berbagai tipe penggunaan lahan di lahan gambut. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sifat fisik dan kimia tanah gambut sebagai dasar membangun kriteria dan indikator keberhasilan restorasi di lahan gambut yang nantinya akan menjadi dasar untuk masukan ke kebijakan pengelolaan gambut yang lestari. [Team Objective 2 & 3 ACIAR Project]

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar