Berita ~ Berita Litbang

Diseminasikan Hasil Riset, BP2LHK Palembang Akan Gelar Webinar Berseri

Minggu, 20 Sep 2020 | 105

Diseminasikan Hasil Riset, BP2LHK Palembang Akan Gelar Webinar Berseri

BP2LHK Palembang. __ Menyikapi maraknya pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 ini, BP2LHK Palembang merasa perlu mengelar webinar diseminasi hasil-hasil risetnya ke masyarakat luas. Webinar yang akan dilaksanakan secara berseri ini diharapkan dapat memperkenalkan dan mengangkat hasil-hasil riset BP2LHK Palembang agar dapat diketahui manfaatnya oleh masyarakat luas juga sebagai peran serta dalam meningkatkan daya saing bangsa.

Membungkus tema besar “Fun Research : Menyingkap Rahasia Harmoni Manusia-Alam” BP2LHK Palembang akan mengajak audiens nya untuk mengenal seluk beluk penelitian lebih dalam, dengan menampilkan pembicara dari peneliti dan teknisi litkayasa BP2LHK Palembang sendiri. Selain itu juga di beberapa seri, pembicara dari luar instansi BP2LHK Palembang juga akan didapuk menjadi pembicara webinar. Dengan target peserta dari masyarakat umum, webinar ini akan dikemas dalam bentuk obrolan santai, sehingga menarik dan mudah dipahami oleh peserta.

Webinar ini akan mengupas tentang penelitian-penelitian yang dilakukan di dataran tinggi, dataran rendah serta di lahan basah. Narasumber nya pun akan ditantang untuk menyampaikan temuan-temuan di lapangan yang belum pernah diketahui orang lain dari hasil kegiatan penelitiannya.

Temuan-temuan ini bukanlah hasil dari kegiatan penelitian utamanya melainkan hasil sekunder/tersier yang ditemui peneliti di lapangan dan dianggap layak untuk diketahui khalayak, sebagai pengetahuan alternatif. Temuan tersebut dinilai dapat memecahkan masalah-masalah dunia kehutanan-lingkungan, tetapi tidak/belum menjadi pembicaraan umum.

Ada tujuh tema seri yang akan dibawakan dalam webinar nantinya. Seri pertama akan dibuka dengan topik penelitian yang dilakukan di dataran tinggi, yaitu “Menyelamatkan yang tersisa, merehabilitasi yang kritis”. Seri kedua, khusus untuk dataran rendah, yaitu bertema “Merestorasi yang tersisa, merevitalisasi yang tampak lemah”. Untuk seri ketiga, akan membahas mengenai lahan basah, tema yang diusung “Merestorasi yang esensial, meramaikan yang tertinggal”.

Untuk seri keempat, penelitian yang dilakukan di dataran tinggi akan dibahas ulang disini. Sedangkan seri kelima akan membahas ulang topik dataran rendah, dan  topik lahan basah akan dibahas ulang di seri keenam .

 

Di seri ketujuh webinar ini, peserta yang mengikuti seluruh seri nya akan diajak untuk membuka tabir keseluruhan tema yang diusung dalam webinar berseri ini. Dengan tema “Menyingkap Rahasia Harmoni Manusia-Alam”, peserta akan ditunjukkan benang merah ikatan dari keenam seri yang telah tersaji.

Webinar pertama akan diselenggarakan secara tentatif di Selasa, 24 September 2020, pukul 13.30 – 15.30 melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara langsung di kanal Youtube BP2LHK Palembang (Balitbang LHK Palembang). Seri selanjutnya akan dilaksanakan secara periodik per 2 minggu. BP2LHK Palembang menargetkan 500 peserta akan mengikuti webinar berseri ini.

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

2 Komentar

Admin

yth, Oom Saepul Rohman untuk sertifikat terkirim ootomatis ke email bapak silakan cek email kotak masuk atau folder spam, jika sudah isi daftar hadir. terima kasih

Senin, 19 Okt 2020

Oom Saepul Rohman

Saya mengikuti kegiatan ini tapi tidak mendapat kiriman link untuk e-sertifikat. mohon infonya. Terimakasih

Jumat, 16 Okt 2020