Berita ~ Fokus Litbang

TINGAKATKAN KOMPETENSI SDM, BP2LHK PALEMBANG GELAR PELATIHAN GIS

Rabu, 20 Nov 2019 | 281

TINGAKATKAN KOMPETENSI SDM, BP2LHK PALEMBANG GELAR PELATIHAN GIS

Palembang (BP2LHK, 19/11/2019)_Kegiatan pelatihan GIS merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan kompetensi  sumber daya manusia Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Palembang sebagai bagian dari input yang diperlukan dalam rangka mendukung BP2LHK Palembang menjadi Pusat Unggulan Iptek (PUI) Restorasi Lanskap Hutan Dataran Rendah. Demikian disampaian Hendra Sanjaya, S.Hut., M.Si., Kepala Sub Bagian Tata Usaha saat membuka acara pelatihan pelatihan Geographic Information Sistem(GIS) di Ruang Rapat BP2LHK Palembang pada Senin (18/11/2019).

Lebih lanjut, Hendra menyampaikan bahwa pelatihan GIS ini sangat membantu dalam kegiatan litbang yang dilakukan peneliti dan teknisi di BP2LHK Palembang. “Keterampilan GIS ini sangat bermanfaat bagi kita, contohnya dalam perencanaan hutan, memetakan titik rawan kebakaran hutan dan lahan, atau kegiatan pengelolaan hutan lainnya” kata Hendra.

Dalam kesempatan tersebut, narasumber yang berprofesi sebagai GIS/Lowland Expert Consultant for Lowland Analytical and Fire Analytical Study, Ir. Rahmadi, M.Sc., M.Si dalam paparannya menyampaikan bahwa GIS merupakan suatu sistem komputer yang menyimpan, memproses/menganalisis dan menampilkan data yang terdistribusi secara ruang (spasial).

“Aplikasi GIS digunakan hampir disemua bidang, antara lain pertanian, lingkungan hidup, engineering, pertambangan, kehutanan, kelautan, transportasi, marketing, pendidikan, kesehatan, Perbankan, Pertahanan dll. Kata kunci GIS sendiri terdistribusi secara ruang atau spasial. Syarat yang harus terpenuhi yaitu harus ada hardware,software, data spasial dan SDM nya” jelas Rahmadi.

Lebih lanjut Rahmadi menjelaskan beberapa hal dasar sebagai pengenalan dalam pelatihan GIS antara lain sumber data spasial yang terdiri dari peta analog, data sistem penginderaan jauh, data hasil pengukuran lapangan (tabular, CAD) dan data GPS (Global Positioning System). Kemudian karakteristik utama dari data spasial antara lain proyeksi, skala, akurasi dan resolusi.

Dalam paparannya, Rahmadi mengungkapkan beberapa kesalahan dalam GIS antara lain kesalahan pada sumber data, kesalahan saat memasukkan data, kesalahan dalam penyimpanan data dan kesalahan pada analisis data.

“Kesalahan dalam GIS itu mungkin saja terjadi, tapi untuk mengurangi kesalahan pada GIS ada beberapa hal yang harus dilakukan antara lain, ketelitian dan perbaikan metode pengumpulan data, sistematika kegiatan, analisis dan modeling yang sesuai dengan masalah dan kalibrasi alat dan verifikasi data”. Jelas Rahmadi.

Materi lain yang disampaikan Rahmadi antara lain format dan jenis data spasial; pengenalan sistem koordinat dan proyeksi peta; pengantar penginderaan jauh (PJ) dan aplikasinya; pengantar Global Positioning System (GPS); pengenalan software SIG dan instalasi ArcGIS; pengenalan ArcGIS (ArcMap dan ArcCatalog); pengenalan geodatabase; pengenalan georeferencing dan symbiology.

Setelah paparan, pelatihan dilanjutkan dengan praktik pembuatan georeference, pengenalan attribute dan symbiology, labeling, georeferencing data spasial, geoprocessing, survey dengan menggunakan GPS, pengunduhan citra satelit (Landsat dan DEM), pengolahan citra satelit sederhana, digitasi on screen dan editing, serta layouting peta.

Pelatihan yang dilakukan selana sehari penuh ini diikuti oleh seluruh fungsional peneliti dan teknisi litkayasa yang ingin belajar memahami GIS. Acara ditutup oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha yang menyampaikan terima kasih kepada narasumber yang telah menyempatkan waktu untuk berbagi ilmu tentang GIS.

“Semoga kegiatan ini bisa menambah khasanah ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi para peneliti dan teknisi litkayasa sehingga dapat meningkatkan nilai dan kualitas hasil litbang di BP2LHK Palembang” pungkas Hendra Sanjaya menutup acara tersebut (nsoe**).

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar