Berita ~ Focus Litbang

Sebacina sp. Jenis Ektomikoriza di Tegakan Pelawan (Tristaniopsis merguensis) di KHDTK Kemampo

Selasa, 7 Sep 2021 | 37

Sebacina sp. Jenis Ektomikoriza di Tegakan Pelawan (Tristaniopsis merguensis)  di KHDTK Kemampo

Ektomikoriza merupakan salah satu jenis mikoriza yang dibentuk oleh jamur, umumnya berasal dari kelompok Basidiomycetes, Ascomycetes, dan Zygomycetes. Infeksi yang terbentuk terjadi di daerah perakaran tanaman yang dicirikan 3 struktur utama, yang berupa selubung akar oleh mantel atau jaringan hifa, adanya jaring-jaring pertumbuhan hifa yang tumbuh di dalam ruang antara sel-sel epidermis dan koretks (jala Hartig), dan adanya sistem hifa yang tumbuh di daerah rhizosfer yang membentuk hubugan esensial dengan tanah maupun dengan tubuh buah jamur. Akibatnya, perakaran menjadi efektif untuk memperoleh seoptimal mungkin hara dan air yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.

Kehadiran jamur ektomikoriza beragam. Beberapa jamur ektomikoriza ada yang dapat ditemukan tumbuh di permukaan tanah (epigeous), membentuk lapisan bantalan spora sebagai kerak atau lembaran yang menutupi permukaan bahan karena adanya hifa jamur (resupinate), dan bahkan ada pula beberapa kolonisasi jamur ektomikoriza yang tidak dapat terdeteksi secara langsung. Seperti halnya Sebacina sp. yang ditemukan di bawah tegakan Pelawan (Tristaniopsis merguensis) di KHDTK Kemampo, merupakan penampakan adanya jamur ektomikoriza yang muncul secara resupinate.

Kemunculan Sebacina sp. umumnya tidak disadari sebagai bentuk kehadiran jamur yang bermanfaat, karena tubuh buahnya menyerupai bahan yang kenyal sperti agar-agar dan beragam hingga menyerupai koral. Jamur tersebut memiliki sebaran kosmopolit, namun belum banyak terdeteksi. Hasil temuan menunjukkan bahwa pelawan sebagai jenis dalam famili Myrtaceae mempunyai asosiasi dengan Sebacina sp. selain yang ditemukan berasosiasi dengan jenis-jenis anggrek (Jacquemyn et al., 2011), dipterokarpa (Watling et al., 2002; Yuwa-Amornpitak et al., 2006; Tata, 2008, Ge et al., 2012) dan famili Ericaceae di Eropa (Bidartondo & Bruns, 2002; Selosse et al., 2002; Selosse et al., 2009). Secara historis Sebacina merupakan jamur ektomikoriza yang selalu berasosiasi dengan jenis-jenis dalam famili Orchidaceae (Ray et al., 2015; Phillips et al., 2016) dan juga ditemukan berasosiasi dengan vegetasi rumput (López-García, Horn, Rillig, & Hempel, 2016).

Penemuan jamur ektomikoriza Sebacina sp.yang berasosiasi dengan Pelawan merupakan suatu titik awal pemikiran untuk mengungkap potensi lebih lanjut mengenai pemanfaatan jamur ektomikoriza untuk mendukung pertumbuhan Pelawan. Identifikasi jenis jamur secara lebih akurat, kulturisasi dan perbanyakan massal menjadi wacana penting untuk dilakukan. (Maliyana & Imam Muslimin)

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar