Berita ~ Fokus Litbang

Perwujudan Akuntabilitas Kinerja, BP2LHK Palembang Gelar Pembahasan LHP

Jumat, 6 Des 2019 | 231

Perwujudan Akuntabilitas Kinerja, BP2LHK Palembang Gelar Pembahasan LHP

Palembang (BP2LHK, 06/12)_Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Palembang menyelenggarakan Seminar Pembahasan Laporan Hasil Penelitian (LHP) di Ruang rapat BP2LHK Palembang pada Jumat (6/12/2019). Dalam sambutannya Kepala BP2LHK Palembang, Ir. Tabroni, MM menyampaikan bahwa pembahasan LHP ini merupakan kegiatan rutin sekaligus penting.
“Pembahasan LHP ini merupakan salah satu wujud pelaporan akuntabilitas kinerja kegiatan litbang di BP2LHK Palembang. Oleh karena itu, meskipun sifatnya rutin setiap tahun kita adakan tapi ini menjadi penting sebagai wadah untuk saling sharing informasi” jelas Tabroni.
Lebih lanjut, Tabroni menyampaikan bahwa Badan Litbang dan Inovasi KLHK memposisikan diri sebagai leading the way dalam program-program kehutanan, sehingga para peneliti diharapkan lebih visioner dalam melaksanaan kegiatan kelitbangan.
Tabroni menambahkan, pembahasan LHP nantinya diharapkan dapat memberikan masukan dan saran perbaikan dalam rangka penyempurnaan hasil luaran baik output aupun outcome kegiatan litbang yang dilakukan oleh peneliti BP2LHK Palembang.
Rapat Pembahasan LHP ini mempresentasikan 10 (sepuluh) judul kegiatan yang terdiri dari 4 (empat) judul kegiatan penelitian dan 6 (enam) judul kegiatan pengembangan. Untuk kegiatan penelitian antara lain:(1) Konservasi, Budidaya dan Tata Niaga Rotan Jernang, (2) Penguatan Inovasi dan Tata Kelola Lokal Pemanfaatan Ekosistem Rawa Gambut Tanpa Bakar, (3) Budidaya Tumbuhan Berkhasiat Obat Degeneratif Metabolik di Sub Regional Sumbagsel, (4) Model Pengelolaan Dan Pemafaatan Hutan Desa Untuk Menjamin Keberlanjutan Fungsi Lindung di Hulu DAS Musi.
Sementara itu kegiatan pengembangan antara lain:(1) Pengembangan Teknologi Konservasi Jenis-Jenis Flora Langka Dan Unggulan Hutan Rawa Gambut di Sumatera, (2) Pengembangan Tanaman Unggulan Hasil Pemuliaan di KHDTK, (3) Pengembangan Gaharu Sebagai Komuditas Bisnis KPH dan Masyarakat Desa, (4) Pengembangan Energi Biomassa Sebagai Energi Alternatif Terbarukan di Sumatera Selatan, (5) Pengembangan Sentra Hutan Rakyat Bambang Lanang (Magnolia campaca), dan (6) Pengembangan Hutan Tanaman Kayu Pertukangan Sebagai Komuditas Usaha di KPH.
Sebagai penutup, Kepala Bp2LHK memberikan himbauan agar hasil litbang BP2LHK Palembang dapat disebarluaskan melalui media sosial (medos). “Era digital ini kita dituntut agar dapat memanfaatkan medsos untuk menjaring kerjasama dan memberikan informasi ke pihak luar bahwa balai kita sudah melakukan banyak hal” pungkas Kepala BP2LHK Palembang.
Rapat Pembahasan LHP ini dihadiri oleh seluruh pegawai baik struktural maupun fungsional peneliti dan teknisi dari BP2LHK Palembang, dan perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lingkup Sumatera Selatan. (nsoe**)

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar