Berita ~ Terbaru

Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-113 Tahun 2021 di masa Pandemi

Kamis, 20 Mei 2021 | 101

Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-113  Tahun 2021 di masa Pandemi

Dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional (Harkitnas) ke-113, BP2LHK Palembang mengikuti upacara secara virtual yang dilaksanakan di Ruang Tembesu. Upacara yang dimulai pukul 07.30 WIB tersebut berlangsung dengan khidmat dan dihadiri oleh pegawai BP2LHK dengan jumlah terbatas serta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Upacara peringatan hari kebangkitan nasional ke-113 tahun 2021 dipusatkan di Kementerian Komunikasi dan Informatika yang digelar secara virtual dan diikuti oleh kementerian dan lembaga terkait. Harkitnas ke-113 mengambil tema “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh”. Tema ini mengingatkan bahwa semangat kebangkitan nasional mengajari bangsa Indonesia untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan.

Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Bapak Johnn G. Plate. Dalam arahannya Menkominfo menyampaikan beberapa hal untuk dicermati bersama. Memulai arahannya Menkomino, mengingatkan tiga dasar penting yang telah diletakkan Perhimpunan Boedi Oetomo berkaitan dengan dasar-dasar kebangkitan nasional bangsa Indonesia. Tiga hal tersebut yaitu cita-cita untuk memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujukan kehidupan bangsa yang terhomat dan bermartabat di mata dunia. “Tiga hal diatas merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi. Senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya” ungkap Menkominfo lebih lanjut.

Menkominfo juga mengharapkan bahwa peringatan hari kebangkitan nasional bukan hanya sekadar menjadi ritual untuk mengenang kejayaan sejarah masa lalu. “Oleh karena itu peringatan hari kebangkitan nasional sejatinya dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh” ujar Menkominfo.

Lebih lanjut, dalam arahannya Menkominfo mendefenisikan “tangguh” berkaitan dengan tema Harkitnas dalam tiga ajakan yaitu: yang pertama tangguh yang dimaksud tersebut termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sudah melanda seluruh negara didunia lebih dari setahun belakangan. Yang kedua, tangguh juga dalam menghadapi beragam tantangan selama masa pandemi dengan beredarnya banyak minsinformasi, disinformasi dan hoaks. Ajakan yang kedua ini terutama ditujukan untuk menjaga kesatuan bangsa Indonesia. Dan yang ketiga, tangguh dalam kebersamaan untuk memulijkan ekonomi nasional melalui peluang memanfaatkan ekonomi digital. Berkaitan dengan ekonomi digital, Menkominfo menyatakan bahwa ditengah pandemi bisnis dagang berbasis digital bahkan diproyeksi tumbuh 33,2% menjadi Rp 337 triliun pada 2021.

Menutup arahannya, Menkominfo mengungkapkan bahwa momentum hari kebangkitan nasional mengingatkan bangsa Indonesia kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa dengan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan golongan. “Mimpi kita untuk tancap gas memacu ekonomi dan kemajuan perabadan sebagai simbol kebangkitan bangsa menuju Indonesia digital, semakin digital semakin maju!” ujar Menkominfo mengakhiri arahnnya.

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar