Berita ~ Fokus Litbang

LIMBAH KAYU TEMBESU MENJADI PRODUK EKONOMIS

Selasa, 30 Jun 2020 | 95

LIMBAH KAYU TEMBESU MENJADI PRODUK EKONOMIS

Tembesu (Fagraea fragrans Roxb) adalah salah satu jenis kayu unggulan Sumatera Selatan. Jenis yang memiliki kelas awet I dan kuat I ini sangat lekat dengan masyarakat Sumatera Selatan, baik sebagai bahan kontruksi rumah, furniture dan bahan ukiran.

Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Kemampo sebagai sarana penelitian dan pengembangan Balai Litbang LHK Palembang menjadi salah satu sentra pengembangan Tembesu di Sumatera Selatan.  Di KHDTK Kemampo dibangun plot pengembangan Tembesu pada tahun 2013-2014 seluas 6 ha sebagai sumber benih. Sumber benih tembesu menghasilkan benih tembesu yg unggul dan mempunyai peningkatan produktivitas sebesar 20% bila dibandingkan dengan tanaman tembesu yg dikembangkan dari benih asalan.

Oleh tangan-tangan kreatif Teknisi Litkayasa Balai Litbang LHK Palembang, Limbah kayu Tembesu hasil penjarangan dari plot tersebut, baik batang kayu, ranting dan kulit kayu diolah menjadi hasil kerajinan yang bermanfaat serta bernilai seni dan jual tinggi, antara lain: tempat duduk, kursi, meja, papan informasi, pembatas tangga, dudukan handsanitizer, dudukan parfum dan lampu hias.  Ragam hasil kreativitas ini telah menghiasi dan melengkapi kebutuhan perkantoran serta dinikmati estetika dan manfaatnya di Balai Litbang LHK Palembang.

Di tengah Covid 19 yang tengah mewabah ini, ide kreatif sangat dibutuhkan untuk mewujudkan KHDTK Kemampo berdikari dan mandiri, dengan mengoptimalkan pemanfaatan limbah kayu Tembesu menjadi ragam produk yang bermanfaat, estetis dan ekonomis sehingga menjadi produk yang berdaya jual yang tinggi.

Inovasi tiada henti, KHDTK Kemampo sumber Tembesu Lestari.

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar