Berita ~ Terbaru

Komitmen BP2LHK Palembang dalam Pembangunan ZI WBK WBBM melalui Penandatanganan Pakta Integritas

Senin, 22 Mar 2021 | 239

Komitmen BP2LHK Palembang dalam Pembangunan ZI WBK WBBM melalui Penandatanganan Pakta Integritas

Balai Litbang LHK Palembang.—Penandatanganan pakta integritas untuk mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Balai Litbang LHK Palembang dilaksanakan hari ini (16/3/2021) oleh unsur pimpinan mewakili pegawai dan disaksikan oleh pegawai di lingkup BP2LHK Palembang.

 

Penandatanganan pakta integritas ini menjadi bukti komitmen bersama pegawai BP2LHK Palembang untuk mewujudkan Zona Integritas-WBK/WBBM, organisasi bersih korupsi dan percepatan reformasi birokrasi. Dengan ditandatanganinya pakta integritas tersebut diharapkan pegawai BP2LHK Palembang dapat menunjukkan kinerja yang bersih dan pelayanan publik yang lebih maksimal.

 

Dalam komitmennya, poin-poin penting yang disepakati pegawai Balai Litbang LHK Palembang adalah untuk bersama-sama menjalankan tugas dengan mengikuti perundang-undangan yang berlaku, senantiasa menerapkan nilai-nilai dasar budaya kerja KLHK “disiplin, jujur, ikhlas, profesional, tanggung jawab dan kerja sama” dalam bekerja, taat dan  menjungjung tinggi kode etik ASN serta mendukung sepenuhnya pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

 

Pembangunan zona integritas WBK dan WBBM sendiri merupakan bagian dari upaya reformasi birokrasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, atau dengan kata lain dapat diartikan bahwa pembangunan zona integritas dianggap sebagai role model reformasi birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas. Selain itu, melalui pembangunan zona integritas juga menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di organisasi pemerintahan.

 

Pelaksanaan reformasi birokrasi secara konkret pada BP2LHK Palembang sedang dilakukan melalui pembangunan zona integritas-WBK/WBBM. Upaya ini tentunya harus mendapat dukungan penuh dan tindakan nyata dari setiap pegawai BP2LHK Palembang sehingga tiga sasaran utama reformasi birokrasi seperti diamanatkan dalam Peraturan Presiden No.81 tahun 2020 dapat terwujud. Adapun tiga sasaran utama reformasi birokrasi yang dimaksud yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan pelayanan publik.

 

Penandatangan pakta integritas ini dilaksanakan berbarengan dengan upacara peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-38 yang diikuti secara daring oleh pegawai Balai Litbang LHK Palembang. Dengan tema “Terus Berbakti di Tengah Pandemi untuk Lingkungan dan Hutan Lestari”, Menteri LHK mengajak seluruh pegawai KLHK untuk mengambil pelajaran dari pandemi covid-19 yang menuntut adaptasi tinggi sehingga menjadi momentum penting dalam penyesuaian budaya kerja berbasis teknologi dalam rangka mendukung kinerja organisasi yang maksimal. Beliau juga memberikan apresiasi kepada segenap jajaran KLHK yang telah bergotong royong dan bekerja keras dalam upaya mencapai kinerja optimal. Apresiasi tersebut diberikan atas kinerja jajaran KLHK RI dalam upaya penanganan karhutla dan penurunan deforestasi. Hal ini terlihat dari jumlah titik api (hot spot) Karhutla tahun 2020 yang menurun signifikan dibanding tahun 2019 bahkan berkurang sangat drastis jika dibandingkan tahun 2015. Selain itu laju deforestasi Indonesia yang menurun 75% pada tahun 2019-2020 atau terendah dalam sejarah RI. Acara tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan Satyalencana Wira Karya dan Satyalencana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun kepada jajaran KLHK yang dinilai telah berjasa dan berbakti kepada bangssa dan negara. (Leo)

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar