Berita ~ Terbaru

CPNS Jabatan Fungsional Peneliti BP2LHK Palembang Ikuti Pembekalan dari MAPI BLI KLHK

Senin, 15 Mar 2021 | 98

CPNS Jabatan Fungsional Peneliti BP2LHK Palembang Ikuti Pembekalan dari MAPI BLI KLHK

Balai Litbang LHK Palembang__ Tiga orang CPNS Balai Litbang LHK Palembang hadir dalam pembekalan yang diselenggarakan oleh Majelis Assesor Peneliti Instansi (MAPI) BLI KLHK. Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari (8 dan 10 Maret 2021) melalui daring ini, merupakan pembekalan Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) yang diberikan kepada 33 orang CPNS fungsional peneliti di lingkup Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) KLHK, yang membahas mengenai tugas dan fungsi jabatan fungsional peneliti.

Dibuka secara resmi oleh Kabag Kepegawaian, Hukum, Organisasi dan Tatalaksana, BLI KLHK, Dr. Maya Ambinari, S.P., M.Si. Dalam sambutannya, Dr Maya Ambinari mengingatkan para CPNS peneliti merupakan orang-orang pilihan yang telah diseleksi dari banyak pelamar lainnya. Pembekalan dilanjutkan dengan pengarahan dari ketua MAPI yang diwakilkan oleh sekretaris MAPI Prof. Ris. Dr. Ir Yulianti Bramasto, M.Si. dalam arahannya Prof Yulianti mengucapkan selamat bergabung kepada para CPNS baru jabatan fungsional peneliti di lingkup BLI KLHK.

Pembekalan dilanjutkan dengan sosialisasi Perka LIPI No.20 Tahun 2019 tentang petunjuk teknis jabatan fungsional peneliti. Materi ini disampaikan oleh Prof. Ris. Dr. Ir Yulianti Bramasto, M.Si. Dalam paparannya, Prof Yulianti secara rinci menjelaskan poin-poin penting dalam peraturan tersebut terutama berkaitan dengan angka kredit tahunan (AKT) dan Hasil Kerja Minimal (HKM) yang harus dicapai pada setiap jenjang jabatan. Strategi-strategi dalam pencapaian kinerja berkaitan dengan AKT dan HKM juga turut dipaparkan.

Prof. Ris. Dr. Drs. Adi santoso, M.Si juga memaparkan topik tentang “Metode Penelitian dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Prof. Adi santoso secara rinci mengulas mengenai filosofi penelitian, kriteria metode ilmiah dalam penelitian, kerangka umum proses penelitian, teknik pemilihan dan proses perumusan masalah, sistematika karya tulis imliah (KTI) dan penjelasan setiap bagian KTI.

Diakhir pembekalan hari pertama, Prof. Ris. Dr Gustan Pari, B.sc Dipl. M.Si yang juga merupakan ketua MAPI BLI KLHK menjelaskan topik “Etika Peneliti”. Secara ringkas Prof Gustan Pari mengatakan bahwa etika peneliti erat kaitannya dengan kejujuran peneliti. Dalam paparannya, Prof Gustan Pari menjelaskan kode etik penelitian dan contoh-contoh pelanggaran kode etik yang terjadi pada lingkup BLI KLHK.  Diharapkan dengan contoh-contoh yang telah dipaparkan dapat menjadi pembelajaran bagi para peneliti agar tidak mengulangi kesalahan yang telah terjadi sebelumnya.

Pembekalan CPNS jabatan fungsional peneliti dilanjutkan pada Kamis, 10 Maret 2021 dengan acara khusus diskusi. Sebelum diskusi dilakukan, bagian sekretariat MAPI BLI KLHK menyampaikan topik mengenai e-peneliti dan dilanjutkan pemaparan mengenai kepakaran dalam kelompok ilmu kehutanan oleh ketua MAPI BLI KLHK . Ris. Dr Gustan Pari, B.sc Dipl. M.Si.

Acara diskusi diawali dengan perkenalan satu-persatu CPNS yang meliputi instansi penempatan, background pendidikan dan penempatan kelompok peneliti (kelti). Prof Gustan Pari memandu jalannya diskusi dan perkenalan sembari memberikan arahan dan saran mengenai kajian-kajian dan topik penelitian yang dapat dilakukan oleh CPNS peneliti. Acara perkenalan diselingi dengan sesi tanya-jawab yang dipandu oleh sekretaris MAPI BLI KLHK Prof Yulianti Bramasto. Beberapa peneliti mengajukan pertanyaan berkaitan dengan topik-topik yang sudah disampaikan pada hari sebelumnya.

Acara diakhiri dengan penyampaian saran dan wejangan yang diberikan oleh para anggota MAPI dengan harapan menjadi bekal penting bagi CPNS baru dalam mengarungi kehidupan dunia pekerjaan sebagai peneliti. (Leo).

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar