Berita ~ Terbaru

BP2LHK Palembang Luncurkan Hasil Survey Layanan Internal Guna Wujudkan Konsistensi Penerapan ZI

Rabu, 17 Mar 2021 | 125

BP2LHK Palembang Luncurkan Hasil Survey Layanan Internal Guna Wujudkan Konsistensi Penerapan ZI

Sebagai bentuk konsistensi dan tindaklanjut atas penerapan zona integritas, BP2LHK Palembang telah melakukan kegiatan survey layanan internal. Penerapan zona integritas ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpan) No. 52 Tahun 2014. Survey layanan internal ini dilakukan guna mendukung salah satu indikator utama dalam penerapan zona integritas, yakni peningkatan kualitas pelayanan publik yang ditunjukkan dengan penilaian kinerja organisasi.

Survey layanan internal dilakukan terhadap karyawan di lingkup BP2LHK Palembang yang hasilnya akan digunakan sebagai bahan evaluasi, masukan, dan perencanaan untuk pengembangan layanan BP2LHK Palembang. Survey dilakukan melalui media online dengan fokus survey terhadap kondisi lingkungan kerja, pelayanan kepegawaian, keuangan, perencanaan dan program, sarana dan prasarana serta layanan kerjasama dan publikasi.

Responden yang berpartisipasi dalam survey ini sejumlah 44 orang atau 78,57?ri keseluruhan karyawan BP2LHK Palembang. Responden didominasi oleh laki-laki (61,36%) dengan usia terbanyak berada pada rentang 41-50 tahun (45,45%). Dilihat dari jabatan pekerjaan, mayoritas responden menempati jabatan fungsional peneliti (43,19%).

Kondisi kebersihan merupakan salah satu hal utama yang dibutuhkan untuk menunjang produktivitas pekerja. Lingkungan kerja yang bersih akan menimbulkan rasa nyaman, serta meningkatkan kemampuan pekerja dalam mencapai target-target pekerjaannya. Dari hasil survey dapat dilihat bahwa mayoritas responden menyatakan kondisi bersih sudah dirasakan di area perkantoran (43,18%) dan di lingkungan kantor/halaman (63,64%). Kondisi kebersihan ini masih bisa ditingkatkan kembali untuk meningkatkan kepuasan sisa responden lainnya.  Kebersihan area perkantoran dan halaman yang masih perlu ditingkatkan diantaranya kebersihan dapur dan toilet.    

Kualitas layanan kepegawaian dianggap sudah baik oleh 59,09% responden.  Sedangkan kualitas layanan keuangan dinilai sudah baik oleh 34 orang (77,27%) responden.  Serupa dengan kualitas layanan kepegawaian, layanan perencanaan dan program juga didominasi dengan respon layanan yang sudah baik (59,09%).

Sarana dan prasarana perkantoran seperti alat tulis kantor (ATK), furniture, dan pendingin ruangan (air conditioner/AC) dinyatakan sudah dikelola dengan cukup baik oleh 43,18% responden. Berdasarkan hasil pengamatan, beberapa furniture, dan pendingin ruangan (air conditioner/AC) memerlukan perbaikan dan pemeliharaan sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan atas layanan saranan dan prasarana perkantoran.

Pengelolaan sarana dan prasarana penunjang penelitian seperti laboratorium, Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK), dan perpustakaan berada dalam lingkup tanggung jawab Seksi Sarana dan Prasarana. Mayoritas responden merasa sarana dan prasarana penunjang penelitian masih perlu dioptimalkan (38,64%). Fasilitas dan peralatan di laboratorium masih belum lengkap dan beberapa peralatan perlu dikalibrasi agar tetap sesuai dengan standar.   Perpustakaan BP2LHK Palembang telah menyediakan beragam buku untuk dapat mendukung kegiatan riset, akan tetapi perlu peningkatan sumberdaya manusia agar perpustakaan berdaya optimal.

Layanan publikasi dan kerjasama di BP2LHK Palembang berada dalam lingkup tanggung jawab Seksi Data Informasi dan Kerjasama (DIK). Hasil survey menunjukkan bahwa sebagian besar responden (52,27%) merasa layanan publikasi dan kerjasama sudah baik. Diseminasi kegiatan di BP2LHK bisa dilakukan dengan mengoptimalkan fungsi website dan media sosial lainnya.

Peningkatan kualitas pelayanan bukan hanya menjadi tugas dari pejabat struktural saja, akan tetapi diperlukan juga upaya saling sinergi antara seluruh karyawan di lingkungan BP2LHK Palembang. (Raissa**)

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar