Berita ~ Terbaru

BP2LHK Palembang Ikuti Upacara Virtual Hari Bakti Rimbawan Tahun 2021

Senin, 22 Mar 2021 | 110

BP2LHK Palembang Ikuti Upacara Virtual Hari Bakti Rimbawan Tahun 2021

Balai Litbang LHK Palembang.—Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini pegawai Balai Litbang LHK Palembang mengikuti upacara hari Bakti Rimbawan (16/3/2021) secara daring yang dilaksanakan di ruang rapat Tembesu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Upacara luring dilakukan di area Manggala Wanabakti dengan dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,  Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, jajaran Pejabat Eselon, dan seluruh pegawai di lingkup Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pada sambutannya, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, menyampaikan rasa syukur karena telah berhasil melewati tahun 2020 yang penuh tantangan dan pelajaran. Ia berharap dalam menghadapi pandemi ini, semua pegawai dapat beradaptasi dengan cepat sehingga menjadi momentum percepatan dan penyesuaian kerja, serta pembangunan. Telah banyak terjadi perubahan cara kerja, pekerjaan yang semula lambat, sekarang telah dipercepat karena dilakukan berbasis teknologi, dari yang semula manual menjadi digital.

Beliau juga mengapresiasi keberhasilan dalam menurunkan jumlah besaran area kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia selama kurun waktu 2019-2020. Keberhasilan ini juga disertai dengan penurunan laju deforestasi sebesar 75?ri tahun sebelumnya dan merupakan angka terendah sepanjang sejarah. Hal ini tidak lepas dari upaya keras seluruh rimbawan dalam pemulihan lingkungan, restorasi gambut dan mangrove, penanaman pohon, penyelamatan satwa, penanganan pencemaran, hutan lestari, peningkatan sumber daya manusiam penelitian, advice dan diplomasi internasional, pengendalian perubahan iklim dan lainnya.

Ditambahkannya, masih terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dan perbaikan di tahun 2021, diantaranya yaitu perhutanan sosial sebagai basis pemberian akses lahan, pemulihan lingkungan dengan restorasi gambut dan penanaman mangrove, pengaturan hutan untuk kepentingan segala dimensi, jaminan untuk masyarakat dan pelaku usaha.

Beliau mengungkapkan bahwa dengan lulus ujian di tahun 2020 berarti berkarya dan bekerja untuk masyarakat harus tetap dilaksanakan. Dalam kesempatan ini beliau mengajak seluruh rimbawan dan ASN di lingkup KLHK untuk melakukan internalisasi 9 nilai rimbawan, melengkapi diri agar well equipped, meningkatkan skill akan tetapi tidak mengubah jati diri sebagai rimbawan. Beliau juga meminta rimbawan untuk turut brperan dalam membangun kesadaran hutan untuk masyarakat agar selalu dijaga untuk masyarakat, pengawasan standar dan law enforcement sebagai upaya peningkatan lingkungan hidup berkelanjutan

Dalam upacara ini juga diserahan penghargaan dari Presiden RI, Joko Widodo kepada orang-orang di lingkup KLHK yang telah berjasa dan mengabdikan dirinya kepada negara dan masyarakat Indonesia, yaitu penghargaan Satya Lencana Wira Karya dan Satya Lencana Karya Satya untuk sekitar 1200 ASN yang telah mengabdikan dirinya dalam kurun waktu 10, 20, dan 30 tahun. Tujuh orang diantaranya merupakan pegawai BP2LHK Palembang yaitu Ari Nurlia, S.Hut., Darsono, Dody Irfansyah, S.Hut, Andika Imanullah, S.Si., Fitri Agustina, S.H., M.P.P., Kania Agustini, S.Hut., M.E., dan Samik.

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar