Berita ~ Berita LHK

Waspada Hewan Liar Muncul di Permukiman Warga

Senin, 27 Jan 2020 | 78

Waspada Hewan Liar Muncul di Permukiman Warga

MURATARA – Masyarakat di wilayah Kabupaten Muratara khususnya di wilayah Kecamatan Karang Jaya, di minta untuk tetap waspada mengenai keberadaan hewan liar. Pasalnya, sejumlah hewan buas seperti ular dan harimau sering muncul mendekati permukiman di saat musim penghujan.

Sudar warga Desa Suka Menang, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, Minggu (26/1) menuturkan. Akhir akhir ini rumor mengenai kemunculan hewan buas, sonter Di wilayah Muratara. Dia mengatkan, wilayah Muratara khususnya di Kecamatan Karang Jaya memang bersinggungan langsung dengan Hutan lindung dan Hutan TNKS yang menjadi cagar budaya dan habitat hewan liar.

“Hampir seluruh wilayah dari Karang Jaya, Rupit, Rawas Ulu, Ulu Rawas, warga nebang kayu setiap hari masuk ke hutan hutan itu. Wajar bae banyak binatang liar yang muncul sekarang,” katanya. Dia mengaku khususnya di wilayah Karang Jaya, Masih banyak ditemukan hewan liar seperti harimau dan ular besar.

Hewan hewan ini awalnya sangat jarang mendekati permukiman warga. Namun baru baru ini, sudah beberapa kali keberadaan hewan liar ini mendekati permukiman warga. “Awal bulan tadi ada yang lihat harimau kemarin ada yang nangkap ular besar dibdekat permukiman. Mungkin sekarang lagi musim hujan, mereka mencari tempat berlindung,” ujarnya.

Menanggapi kasus kemunculan hewan bus di sekitar permukiman warga, Camat Karang jaya Makmun Habib meminta warga untuk tetap waspada. Dia membenarkan, jika di wilayah Kecamatan Karang Jaya sudah beberapa kali ditemui kasus kemunculan hewan buas.

“Daerah kita memang dekat dengan hutan rimba. Jadi masih banyak hewan hewan seperti itu. Kita imbau warga tetap hati hati terutama saat mau berkebun,” katanya.

Camat menuturkan baru baru ini warga di desa terusan menangkap ular piton ukuran besar. Kasus ular besar yang memasuki permukiman warga itu, sudah beberapa kali terjadi di kecamatan karang jaya.

“Selama saya bekerja di wilayah Karang Jaya memang banyak sekali kasus ular besar yang tertangkap warga. Kemarin itu 6 meter, dulu penah ada yang sampai 10 meter panjangnya,” ungkapnya.

Dia juga meminta warga untuk menjaga sejumlah hewan ternak mereka. Karena tidak jarang hewan hewan itu mengincar hewan ternak milik warga. “kemarin di terusan itu banyak warga yang hilang kambing. Mungkin saja itu di mangsa hewan hewan buas jadi mesti hati hati, ” tutupnya.

Terpisah, Kepala Desa Teruan Irsan saat di bincangi mengatakan, kasus kemunculan hewan buas seperti ular memang sudah berapa kali terjadi di desa mereka. Dia meminta agar warga yang melakukan aktivitas di kebun secara berkelompok.

“Minimal ada teman jangan sendirian. Tapi untuk sekarang suasana di desa sejak penangkapan ular besar kemarin masih aman dan normal seperti biasa,” tutupnya.(cj13)

 

Sumber: https://sumeks.co/waspada-hewan-liar-muncul-dipermukiman-warga/, 26 Januari 2020 20:50,
Foto : Zulkarnain/Sumeks.co.

Isi Komentar Anda

  • Email tidak akan ditampilkan
  • Komentar akan di Validasi terlebih dahulu oleh Admin sebelum ditampilkan

0 Komentar